Selasa, 03 Juni 2014

SINOPSIS I’M NOT STUPID TOO
Penokohan :
Tokoh utama yang berperan dalam film ini adalah:
Shawn Lee  sebagai  Tom Yeo
Ashley  Leong  sebagai Jerry Yeo
Joshua Ang sebagai  Lim Chengcai
Jack Neo sebagai Mr. Yeo
Xiang Yun sebagai Mrs. Yeo
Huang Yiliang sebagai Mr. Lim

Film ini menceritakan mengenai sikap orang tua yang tidak pernah melihat seorang anak dari kelebihannya, namun selalu melihat pada kekurangannya. Tom, Jerry, dan Chengcai adalah anak-anak selalu dipandang salah oleh orang tuanya, orang tua mereka tidak pernah menghargai bakat yang mereka miliki. Bahkan mereka selalu di larang melakukan hal-hal yang mereka sukai, Tom dilarang menjadi blogger dan Chengcai dilarang bermain kungfu. Setiap harinya hanya omelan saja yang mereka terima. Tom dan Jerry adalah sepasang saudara kandung, Jerry berumur 8 tahun dan Tom berumur 15 tahun. Suatu ketika Tom memenangkan lomba sebagai blogger terhebat, namun yang diterima dari mamanya bukan sebuah pujian, namun hanya mencela bakat Tom tersebut.
Seperti biasanya, Chengcai dan Tom pergi berangkat sekolah, namun ada yang beda pada hari itu. Tidak seperti hari-hari biasanya, kali ini Chengcai mengerjakan PR yang diberikan oleh guru bahasa Cina nya yaitu Pak Fu. Tidak lama setelah semua murid duduk dibangkunya masing-masing, Pak Fu datang dan menanyakan PR mereka serta menyuruh siswa yang tidak mengerjakan untuk keluar kelas. Hampir semua siswa keluar kelas karena tidak mengerjakan PR mereka.
Setelah mengecek PR Chengcai, Pak Fu marah karena PR Chengcai masih banyak yang salah, karena merasa tidak dihargai Chengcai marah kepada Pak Fu. Tidak sengaja terlontar kata-kata dari mulut Pak Fu yang menyatakan bahwa semua murid di kelas itu termasuk Chengcai dan Tom adalah hanya apel busuk. Chengcai dan semua temannya meninggalkan kelas mereka.Hal ini berbeda dengan kelas di seberang mereka yang selalu mendapat hadiah dari gurunya. Hal ini membuat mereka semua iri. Selesai pulang sekolah Pak Fu mendapat nasihat dari guru lain, bahwa anak-anak zaman sekarang berbeda dengan dulu, sehingga para guru harus menemukan sebuah kunci yaitu fokuslah pada bakat seseorang, bukan pada kekurangannya.
Pada suatu hari, sekolah Jerry akan mengadakan sebuah pertunjukan dimana Jerry terpilih menjadi peran utamanya. Merekapun latian untuk pertunjukan tersebut bersama gurunya Mrs. Leaw. Ketika latian ada teman-teman Jerry yang Jahil. Pada saat Jerry dan teman perempuannya Xiao xi berhadapan, temannya mendorong Jerry sehingga tidak sengaja Jerry mencium bibir Xiao Xi. Tidak berhenti di situ, ketika Jerry dan Xiao Xi tertidur karena lelah, mereka di buat tidur berdekatan. Pada latihan berikutnya, teman-teman Jerry menakut-nakuti Jerry dan mengatakan bahwa Xiao xi hamil karena kejadian hari sebelumnya. Jerry selalu terfikiran dengan hal itu, hingga pada suatu saat ia mendengar percakapan seorang ibu hamil bahwa nanas bisa menggugurkan kandungan.
Mendengar hal itu, Jerry langsung membelikan nanas dengan jumlah yang banyak untuk Xiao xi. Karena terlalu banyak memakan nanas, dan perutnya sakit sehingga Xiao xi harus di bawa ke Rumah Sakit. Kejadian ini membuat orang tua Jerry marah dan memarahi Jerry, bahkan membuat kedua orang tua Jerry bertengkar.
Sedangkan kakaknya Tom, suatu hari ketika di adakan razia HP, Tom ketahuan membawa DVD porno. Hal itu membuat Tom dan Chengcai berkelahi dengan Pak Fu. Dari kejadian ini, sesuai aturan sekolah Tom harus menerima hukuman cambuk di depan semua siswa dan Chengcai terpaksa harus dikeluarkan karena Chengcai sudah banyak melakukan kesalahan ketika bersekolah. Peristiwa ini menjadi berita yang hangat diperbincangkan oleh berbagai media, sehingga Kepala Sekolah sering di kejar wartawan. Pak Fu yang merasa bersalah kepada sekolah mengundurkan diri sebagai guru.
Selepas kejadian itu, Tom dan Chengcai bergabung dengan sebuah geng, dimana geng tersebut adalah geng yang kurang baik yaitu suka melakukan pencurian. Ketika sedang mencuri, Tom dan Chengcai tertangkap basah oleh dua orang polisi gadungan yang meminta kepada mereka uang sejumlah $2000 Singapura sebagai uang tutup mulut. Jika mereka tidak memberikan uang itu, mereka di ancam akan masuk penjara.
Jerry yang sangat menginginkan orang tuanya datang ke pertunjukannya berusaha keras mengumpulkan sejumlah uang untuk membeli waktu ayahnya. Namun usaha Jerry belum mampu mengumpulakan uang yang diperlukan, hingga pada suatu hari Jerry mencuri uang di kantin. Namun hal itu ketahuan oleh petugas kantin karena pencurian Jerry terekam oleh CCTV kantin. Kejadian ini membuat Jerry mendapat hukuman cambuk oleh ayahnya. Namun setelah mendengarkan alasan Jerry kenapa ia mencuri, kedua orang tuanya mulai sadar dengan sikap mereka yang salah. Mereka juga menyadari sikap mereka ketika membaca blog milik Tom.
Ayah Chengcai yang mulai sadar dengan sikapnya yang salah kepada Chengcai mulai merubah sikapnya. Ia berusaha keras mendatangi semua sekolah yang ada di Singapura untuk memohon kepada sekolah itu agar Chengcai diterima sekolah. Dalam hal ini ia dibantu oleh seorang temannya yang juga menyadarkan dia tentang kesalahan sikapnya. Usaha yang dilakukan oleh ayahnya itu tidak berbuah manis, karena tidak ada sekolah yang mau menerima Chengcai sebagi muridnya.
Tom dan Chengcai terus berusaha mencari uang untuk membayar kedua polisi yang menangkapnya, namun kemudian mereka putus asa karena uang yang mereka kumpulkan tidak kunjung cukup. Akhirnya mereka merampok kalung seorang nenek.Tapi tiba-tiba mereka sadar dan akhirnya mengembalikan kalung nenek tersebut. Orang di sekitar nenek itu tetap tidak terima dengan perlakuan Tom dan Chengcai,hingga meneriaki keduanya maling.
Teriakan itu membuat keduanya di hajar masa. Ayah Chengcai yang saat itu sedang berjalan melihat Chengcai dipukuli,ia tidak terima hingga ia memukul balik orang-orang yang memukuli Chengcai. Namun ayah Chengcai terjatuh dari tangga dan kemudian di bawa ke rumah sakit. Selang beberapa saat orang tua Tom datang ke tempat kejadian dan kemudian meminta maaf kepada orang-orang sekitar bahwa ia salah mendidik anaknya hingga Tom berbuat semacam itu.Ketika polisi datang, ayah Tom memohon kepada nenek itu untuk tidak melaporkan perbuatan Tom itu. Karena melihat kesungguhan Ayah Tom dalam meminta maaf, akhirnya nenek itu tidak melaporkan kejadian tersebut ke polisi.
Ayah Chengcai saat itu dalam keadaan sekarat di Rumah Sakit. Teman ayahnya saat itu menjelaskan kepada Chengcai semua pengorbanan yang telah dilakukannya untuknya. Hal itu membuat Chengcai sadar dan segera bergegas pergi ke sekolah untuk memohon kepada kepala sekolah agar datang ke rumah sakit karena ayahnya ingin bertemu dengan kepala sekolah. Ketika Kepala Sekolah sudah berada di rumah sakit ayah Chengcai sekali lagi memohon kepada Kepala Sekolah untuk memberikan kesempatan terakhir kepada Chengcai untuk kembali bersekolah.Ayah Chengcai juga mengijinkan Chengcai untuk belajar bela diri.
Setelah peristiwa tadi, Chengcai menekuni bakatnya dalam hal beladiri dan ia berhasil menjadi juara dunia. Dan  Jerry berhasil membawa keluarganya untuk datang ke pertunjukan di sekolah. Kedua orang tua Jerry juga mulai memberikan pendidikan yang lebih baik kepada anak-anak mereka. Begitu pula dengan Pak Fu yang tidak lagi mencela hasil belajar muridnya.
Nilai yang dapat kita ambil dari film ini adalah bagaimana seharusnya dalam keluarga itu harus saling mengasihi, memperhatikan satu sama lain, membantu, harus saling membagi waktu secara baik untuk keluarga, tidak hanya untuk urusan pekerjaan saja. Anak-anak memerlukan perhatian dari orang tuanya. Apalagi disaat-saat mereka sedang mencari jati diri,mereka memerlukan bimbingan,arahan,dan nasihat dari kedua orang tuanya supaya mereka tidak terjerumus ke pergaulan yang tidak baik. Selain itu, sudah seharusnya setiap orang tua melihat kelebihan atau bakat yang dimiliki oleh anaknya, dan tidak hanya fokus pada kekurangan anaknya. Setiap orang membutuhkan pujian, dan dari pujian itu akan menumbuhkan semangat kepada seseorang untuk bertindak lebih baik dari tindakan sebelumnya.





0 komentar:

Posting Komentar